Keluhan permasalahan seputar Hard Disk...

artikel ini ane buat murni pengalaman sendiri... ini tentang permasalahan ane dengan hard disk ane... yang emang dari dulu nggak ilang-ilang....

ceritanya dimulai sejak 3 tahun lalu... permasalahan ane dengan hard disk muncul.
yup.. kira-kira 3 tahun lalu dimana ane pertama kali membeli hard disk Seagate 80GB. pertama kali hardisk ane tuh MAXTOR 30GB, nah ni HDD bener2 bandel dah... kagak pernah rewel. eh akibat permintaan akan kapasitas storage yang semakin besar... maka ane pun mengupgrade nya dengan membeli sebuah HDD baru yaitu Seagate 80 GB. cukup lumayan juga lah... sampai suatu saat pada waktu booting OS... terdengar suara2 aneh... yup benar2 aneh.. karena suaranya mirip turntable yang lagi di gesek oleh seorang DJ. "cicit... cicit... cicit..." tapi waktu itu masih lancar masuk kedalam OS, sampai pada saat ane maen game... game nya sih ringan.. cuman game tersebut terletak pada HDD 80GB seagate. seperti penyakit OS "windos" biasanya... jika terjadi error, maka komputer pun jadi HANG. mouse dan keyboard ga bisa di gerakin... tanpa pikir panjang ane pun lalu... menekan tombol sakti yaitu tombol "reset".

maka restartlah tuh komputer. kali ini dya berhasil booting dengan lancar... sampai ane menyadari ada sesuatu yang janggal... yaitu HDD 80GB seagate ane kagak DETEK.... akhirnya ane putuskan untuk men'shutdown' si jendela. lalu ane inisiatif datang ke rumah BAGUSTA, ini dya teman ane pakar dalam bidang HARDWARE kompi. lalu ane tes di rumah dya... eh lancar.. alias kedetek... tp jadi "unalocated" jadi dengan berat hati... maka di format lah tuh HDD beserta file2 berharga didalamnya...

setelah di format.. lalu di chkdsk... tiba-tiba muncullah angka ajaib 100kb in bad sector....
OH TIDAK... pengalaman pertama ane berjumpa dengan si BAD SECTOR...
cukup lama setelah tidak mengalami problem... eh muncul kembali permasalahan baru... gini nih... mula mulanya... gara2... menginstal deep freeze dan partition magic secara bersamaan... karena ane orangnya iseng... pengen nyoba convert-convert file sistem... dari NTFS jadi ext2, lalu rubah lagi jadi FAT32, lalu rubah lagi jadi ReiserFS dan lain lain lah... tanpa sadar semua itu dilakukan dengan kondisi deep freeze sedang aktif, alias lagi di bekuin... alhasil setelah proses partition magic berjalan maka... sistem minta supaya restart... lalu setelah di restart eh.. terjadi keanehan... partition magic error... deep freezenya juga error. kemudian kompi nge-HANG. ane restart lagi... alhasil kagak masuk bisa lagi ke windos... pas di chkdsk BAD SECTOR nambah 100 kb.. jadi 200kb...

kira-kira 1 tahun lalu... ane beli lagi HDD baru yaitu 250GB seagate juga... kenapa masih beli seagate? ini mah sugesti dari temen2... katanya kan seagate tuh yang cacat kebanyakan cuman yang 80GB... akhirnya ane bli lah tuh HDD... lumayan lah.. kendala di awal karena itu SATA jadi butuh detecting array yang nggak sebentar. sumpah dah lama banget nunggunya, tapi hasilnya bisa kedetek di windows. nah... cukup lama juga tuh ga ada problem nih HDD. sampai suatu saat ane pengen ganti sistem jadi ke SATA... biar cepet. nah lho saat proses pemindahan sistem... OS yg lama yg di HDD 30GB di format, trus yg di SATA 250GB di instal OS baru. nah sial kembali datang... tiba2 muncul lagi suara merdu dari Hard disk, tp kali ini beda bunyinya lebih teratur frekuensinya... "cuit cuit"... eh setelah di periksa ternyata HDD yg 250GB bermasalah...(kenapa mesti seagate terus yang bermasalah... T_T no offense lah) ane berpikiran mungkin gara2 pakai telalu banyak HDD kali. makanya yang 30GB ane simpen... dan gapernah di pasang lagi ampe sekarang. cukup lumayan hasilnya... di 250 jadi bisa di install lagi... setelah itu ada masalah lagi dengan yg 80GB tapi yang ini minor.. maksudnya cukup dengan "kencengin" kabel masalah beres.

nah masalah dengan HDD nampaknya kelar sampai disitu... ternyata ane salah... tepatnya 2 minggu yg lalu HDD yg 80GB menunjukkan gejala-gejala anomali.. jika di pasang maka akan bikin windos restart-restart terus... nah sampai akhirnya kembali terdengar bunyi DJ lagi... "cicit cicit" dengan frekuensi yang makin cepat. alhasil 80GB pun bermasalah... ane coba ingin format ulang tuh yang 80GB eh malah proses format hang di tengah jalan. dan hasil akhirnya pun seperti yang ane takutkan... HDD seagate 80GB ane nggak DETEK sama sekali... sampai sekarang..

makanya tadi beli lagi HDD baru.. kali ini dengan merek WDC(western Digital) 160 GB. dengan harapan di pakai buat sistem sebagai pengganti Seagate yang 250GB. eh bukannya jadi pintu keluar masalah... malah jadi menambah masalah baru. Tuh WDC kedetek... tp pas pengen di format jadi NTFS... eh malah nge-hang di tengah jalan... nah pas ane restart malah ga detek dya... parahnya lagi... dya rusak bawa-bawa yang 250GB juga... jadi tuh seagate 250GB kedeteknya di BIOS jadi none2545blabla..... biasanya kan ST250blabla... alhasil pas windos di restart... kagak mau booting... dan sialnya hal itu terjadi 3x... jadi hari ini ane udah instal ulang 3x...
bener-bener hari yang sial...

kesimpulan dari tulisan ini adalah... agar temen-temen yang lain lebih berhati-hati dalam memilih barang. apalagi komponen penting macam hard disk. selalu back up data-data peting di tempat yg aman. dan 1 lagi... kalo emang ga penting-penting amat jangan nge-convert ato resize partisi... bahaya kalo gagal bisa BAD SECTOR deh... ooh iya satu lagi.. kalo beli kabel power itu cari yang bagus... pengalaman ane kabel power buat hard disk ane kemaren gosong (untung bukan HDD nya), pilih juga PSU yang kuat.

okeh sekian curhat dari ane...
ane mo mikirin lagi jalan keluar dari masalah ane... kayaknya mungkin dah saatnya ganti PSU yang baru...

1 comments:

eral mengatakan...

wah itu agan ngabisin uang berapa tuh untuk beli hdd ?