Kenapa yah orang Indonesia kok kurang memiliki pemikiran "open source"?

tulisan ini ane buat akibat keprihatinan ane terhadap bangsa ini. Kalo di perhatikan rasanya bangsa kita itu kok kurang "open source minded" yah?? kenapa ane bilang begitu?? ini sih murni hasil pemikiran ane sendiri, dan dari pengalaman ane sehari-hari.

alesan utama nya adalah... keengganan dari sebagian kita untuk berbagi, khususnya berbagi ilmu emang sih ga semua orang indonesia seperti itu,banyak juga komunitas komunitas di Indonesia yang menganut paham open source. Salut untuk mereka....

ane bisa di bilang lumayan aktif lah dalam bermacam-macam forum dan komunitas di dunia maya, nah dari situ ane perhatiin jarang banget tuh forum dan komunitas yang benar-benar "hidup". hidup di sini dalam artian sangat aktif, tidak hanya aktif di kunjungi melainkan juga aktif isinya. emang sih... kita gampang banget buat bikin forum, bisa di ambil contoh silakan teman-teman kunjungi http://forumotion.com nah dari situ bisa langsung bikin forum, tanpa perlu ribet, pusing, 5 menit kelar. nah yang susah itu adalah membuat forum kita itu ramai.

ini kembali lagi ke permasalahan keengganan untuk berbagi ilmu... sharing lah istilah kerennya. ane ambil contoh terdekat aja... yaitu temen-temen sekelas dikampus. tanpa maksud untuk menjelek-jelekkan individu atau kelompok nih ya... ane liat temen sekelas ane sendiri tuh kurang rasa ingin berbaginya. setiap ada tugas atau materi selalu dikerjakan dengan sendiri-sendiri, atau hanya dengan sekelompok kecil "temen deketnya aja". mungkin alasan mereka... "ah nanti kalo saya kasih tau dya.. nanti nilai dya lebih tinggi dari saya lagi". Buat temen-temen yang masih berpikiran seperti itu.... saya saranin buat koreksi diri... emang kuliah itu ngejar nilai??? emang sih IP yang kita kejar biar pas lulus nanti bisa kerjanya gampang... HALOO... IP ga ngaruh kalee ama SKILL... banyak temen-temen kita yang ga kuliah punya SKILL yang lebih "sakti" dari kita... tujuan kita kuliah kan ya buat menambah ilmu, so prosesnya itu yg penting kan??? bukan "nilai" akhirnya.

HEY dude!!!! Ilmu tuh ga bakal di bawa mati kan??? ga ada sejarahnya kan orang memberikan ilmu lalu tiba-tiba jadi Bloon??? ambil aja contoh GURU-GURU tercinta kita... mereka pahlawan tanpa tanda jasa. ga pernah kan ada sejarahnya ada seorang guru menjadi "bodoh" gara-gara keseringan ngasih ilmu ke murid-muridnya??? yang ada juga kita makin pinter... karena dengan memberikan ilmu kita kepada orang lain otomatis kita mesti tanggung jawab dengan ilmu yg kita berikan, nah itu bakal memicu kita untuk belajar lebih keras lagi, dan tau lebih banyak lagi.

yang lebih parahnya lagi nih... ane pernah baca sebuah majalah komputer indonesia sebut aja PCM, ada seorang penulis kolomnya yang bilang open source adalah penyebab utama kemunduran ekonomi suatu bangsa... tanpa menyudutkan kaum propietry yang emang kerjaannya nyari untung... ane akui.. kita ga ada salahnya emang mengambil keuntungan dari apa yang telah kita hasilkan, dan emang ga ada keharusan pula kita buat ngebagi-bagi "resep" kita ke orang lain. Tapi makna open source di sini ga mesti FREE, alias gratis... open source di sini adalah pemikiran untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman kita kepada orang lain. betapa kecewa nya ane setelah baca artikel dari majalah tersebut. Dya bilang Richard M Stallman bapak dari gerakan Free Software Foundation dan pencetus GNU/GPL hanyalah seorang yang mencari simpati dan cuma mau tenar aja. dya juga mencibir Linus Torvalds, dya bilang gerakan open source hanya membuat kita lemah, dya lebih mendukung orang yang berani memberikan harga "mahal" dari karya yang telah dibuatnya. karena menurut si penulis artikel itu.. orang yang berani memberikan harga tinggi buat karyanya adalah orang yang yakin dengan kualitas karya yg dibuatnya.

Wah... PAK penulis artikel yang saya hormati... asal sampeyan tau yah... KNOWLEDGE is FREE, siapa yang berani menyangkal kernel hasil karya Linus Torvalds telah di pakai di ratusan ribu atau bahkan jutaan user didunia. ga semua yang gratis itu murahan. om Linus ampe sekarang adem-adem aja tuh... padahal dya ngasih lisensi buat kernelnya GNU/GPL. yang ada hasil karyanya kini bisa kita nikmati dalam beragam jenis distro linux yang ada sekarang. gerakan open source juga membuat kita merasa "memiliki", dengan itu kita bakal berusaha merawat mengembangkan bersama, bahkan meningkatkan kualitasnya. makanya software dengan lisensi opensource maju dengan pesat... karena yang mengembangkannya orang sedunia... bandingkan dengan software berlisensi... yang ngembangin cuma segelintir orang yang "dibayar".

dengan tulisan ini saya harap kita dapat lebih memiliki keinginan dalam berbagi... khususnya berbagi ilmu. selalu ingat motto KNOWLEDGE is FREE... Share it...
Long Live Open Source

0 comments: