LHC : Large Hadrons Collider... apa itu???



Large Hadrons Collider a.k.a LHC di buat di kedalaman 100 meter dibawah tanah (atau kira-kira 328 kaki) terbentang di perbatasan antara perancis dan swiss merupakan particle accelerator terbesar di dunia. bertujuan untuk membuat tabrakan antar partikel yang di tembakkan berlawanan arah. LHC di buat oleh European Organization for Nuclear Research atau CERN.

mesin ini kemungkinan akan mengungkap rahasia di balik alam semesta, ribuan scientist dan physicist dari seluruh dunia berkumpul disini menyelesaikan proyek percobaan particle accelerator terbesar di dunia. proyek ini menghabiskan ratusan milyar dollar dan kerjasama dari berbagai negara.

apa tujuan dari pembuatan LHC?
tujuan utamanya adalah untuk mengungkap rahasia terbentuknya universe kita dengan membuat simulasi mini BIG BANG, dan mungkin akan membuktikan juga keberadaan partikel "TUHAN" yang di namakan Higgs Boson. scientist berharap LHC bakal menjawab pertannyan penting seperti:
- apa itu massa? coba pikirkan kenapa ada partikel yang tidak memiliki massa? seperti photon misalnya.. lalu sebenernya bagaimanakah massa itu terbentuk? ada teori yang menyatakan higgs boson sangat berperan dalam pembentukan massa(di sebut higgs mechanism) apakah ini benar? kalo iya, brapa higgs boson yang diperlukan?

- apakah supersimetri itu ada di alam ini? menurut standard model particles di nyatakan bahwa setiap particle memiliki super simetrinya??

- apakah kita akan menemukan DARK MATTER yang disebut juga dark energy? dark matter (materi gelap) merupakan partikel2 lain yang tersebar dan membentuk jagat raya, para scientist berpendapat bahwa matteri (atau bisa di bilang kumpulan partikel) yang di ketahui oleh manusia saat ini hanyalah sebagian kecil saja (ada yang menyatakan kita hanya mengetahui 4% saja) sisanya merupakan partikel asing.. inilah yang dinamakan dark matter

- tujuan lainnya adalah.. mengumpulkan anti-matteri... menurut teori setiap particle di universe memiliki anti-materinya, dimana jika materi bertemu dengan anyi-materi akan menyebabkan leburan energi dengan effisiensi 100% dengan kata lain tidak ada yang terbuang atau berubah wujud. pure beruah menjadi energi, maka dari itu ini bisa menjadi solusi crisis energi di masa yang akan datang. 1 gram anti-materi di tabrakan dengan 1 gram materi dapat menghidupkan listrik 1 wilayah selama 1 tahun.

oke kita akan mereview kembali.. apakah standard model itu?? so ini adalah teori yang berusaha menjelaskan partikel fundamental bekerja dalam membentuk universe. merupakan gabungan dari teori relativitas umum einstein dan quantum theory, ini juga menjelaskan 4 gaya (4 basic force of the universe) yaitu : strong nuclear force, weak nuclear force dan electromagnetic force. tapi teori ini gagal menjelaskan force yang ke empat yaitu gravitasi. maka dari itu scientist juga ingin LHC menjawab mengapa gravitasi lebih lemah dibandingkan dengan ketiga force lainnya dalam hierarki.

design??
bentuknya circular berbentuk terowongan dengan 2 pipa, dimana pipa yang satu akan menembakkan proton hampir menyamai kecepatan cahaya, pipa yang satunya lagi juga menembakkan proton dengan kecepatan yang sama tetapi dengan arah yang berlawanan. untuk mengantisipasi anti-materi yang di hasilkan supaya tidak bertumbukan dengan dinding pipa, maka di buatlah pipa tersebut mengandung super conducting magnet, yang mana fungsinya juga sebagai pengendali particle (proton) supaya tetap didalam jalurnya.

LHC juga dilengkapi dengan 4 detector yang akan merekan segala kejadian yang terjadi. ke empatnya dinamakan sebagai : ATLAS, CMS, ALICE, LHCb.

pro kontra...
segala sesuatu pasti ada pro dan kontranya... untuk LHC juga begitu, ada sebagian orang yang menentangnya. karena kata mereka LHC merupakan proyek yang buang-buang dana saja, buang-buang energi saja, bahkan yang lebih ekstrim, mereka menghawatirkan nantinya LHC bakal memicu terjadinya mini "BLACK HOLE" dimana kejadian ini terjadi akibat tubrukan particle (seperti big bang di dalam pembentukan universe?

well kita lihat saja bagaimana kelajutan dari percobaan paling spektakuler abad ini. menciptakan kembali mini "BIG BANG" yang nantinya akan menambah pengetahuan kita terhadap universe kita ini.

sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Large_Hadron_Collider
http://lhc.web.cern.ch/lhc/
http://science.howstuffworks.com/large-hadron-collider1.htm

2 comments:

Putri mengatakan...

ga, ini accelerator yg sama dg yg di film (dan novel) Angels&Demons bukan??

rangganovsky mengatakan...

ya bener tuh... sama ama yang ada di novel angel and demon. kalo sekarang udah dimulai tuh akselerator nya... wew demen juga ya sama angel and demon... :D