PC Clonning?? what the... HECK is that???

yup... mungkin dari temen temen ude pernah denger nih nyang namanya PC Station (bukan playstation ye... itu mah console buatan sony ^^)

itu bisa di bilang alat pengganti PC, What?? pengganti PC?? maksudnya???
yoi... bentuk alatnya itu seperti kotak.. berukuran kira2 20cm, di alat itu ada port LAN (rj45), lalu ada port ps/2 buat mouse dan keyboard, plus port VGA buat monitor, di beberapa model pun ada yang menyediakan port USB juga di situ...
cara kerjanya sih simple.. ini alat bener2 menclonning PC server mulai dari tampilan dekstop, aplikasi di dalemnya, dan yang paling keren spec server juga ikut2an di clone...

"PC station? saya mah pernah dengernya net station... fungsinya juga sama tuh jadi PC clone gitu... apa itu sama???"
yup itu merupakan barang yang sama... net station, PC clone, smart station dan nama-nama lainnya... nggak ngerti dah, tp yang jelas dari 2 merk nyang ane liat itu (PC station dan net station ) itu asli sama persis dari mulai bentuk, warna, ukuran. nggak tau deh ada apa di balik itu... mungkin itu strategi pemasaran dari si pembuat biar di kira ada kompetisi padahal itu mah dari 1 pembuat juga... who knows???

awal cerita ane kenal ama nih barang... gara2 waktu itu om ane minta tulung buat nge bikinin warnet, trus dia bilang... "ngga, ada g cara buat bikin warnet yang murah?? kalo pakek PC cloning kira-kira bisa nggak??" nah mulanya ane bingung kan dengan kata2 PC cloning karena setau ane itu mah software buat back up(maklum kan ane katrok), lalu om ane tuh ngasih tantangan bisa nggak lu bikinin warnet tipe beginian?? yo wess ane sanggupin...

nah mulai dari situ... ane mulai dah nyari bahan dan materinya(lho kok kek ujian aje??? >.<) intinya tanya sana-sini... googling, nongkrongin forum2... alhasil ketemu juga nih ama nyang namanya PC Station... lalu tanpa pikir panjang lagi.. pas besokannya langsung dah meluncur ke harco mangga 2 buat nyari tuh barang... asli waktu itu nyarinya bener2 susah... ampir di setiap toko nggak ada tuh, cuman nemu paling di toko spesialis networking aja... itu juga aharganya waktu itu 9 ratus rebu... trus ane langsung telpon om ane... nah katanye "bukan PC clonning kek gitu.. ini tekniknya memanfaatkan PC lama terus di sulap agar performanya bisa menyamai servernya (server di bikin super duper high end)" nah lho makin bingung aje ane... trus ane ketemu ama om ane ntu... nah trus mulai dah maen itung2an. kalo kita pakek metode PC clonning nyang versi software (namanye citrix or some thing like that lah kurang jelas juga) itu kan kita musti beli PC nya dolo minimal p2 or p3 (dimana 1 setnya kira2 1 jtan lengkap) nah blum lagi karena tuh barang lama, maintenance ke depannya pasti susah tuh... bandingkan dengan PC clonning dengan cara hardware.. harganya nggak jauh beda sih... tp kalo di liat dari segi durability jelas ini lebih baik... plus hemat listrik... (ini mah kata engko di tokonya) alhasil pilihan pun jatuh ke clonningan menggunakan alat.. waktu itu jadinya pakek net Station. soalnya layanan pasca belinya lebih baik... 1 year replacement. akhirnya jadi juga tuh warnet... tinggal di tambahin monitor LCD 15" plus accesoris lain... udah jadi dah 1 set PC. kalo di itung2 biaya membangun warnet jadi kepotong lebih dari setengahnya dari pada pakek cara konvensional... oke dah segitu aja deh pengalaman ane ngebangun warnet dengan cara murah.. mungkin ente ente tertarik... silakan meluncur aja... cari dah tuh barangnya... hehehehe sekarang keknya udah menjamur tuh dimana-mana... so selamat mencoba...

0 comments: